cybersecurity-sample
surveillance
Hikvision

Tips mengatasi error message: The device is locked. Please try again after xx min saat login dari webmin.

Pengguna yang biasa mengakses webmin pada perangkat Hikvision mungkin akan menemukan pesan kesalahan atau error message seperti gambar berikut ini:



Mengapa dan kapan pesan ini akan muncul ? Apa artinya ? Bagaimana cara mengatasinya? Bagaimana menghindari pesan kesalahan ini? Pertanyaan pertanyaan ini akan di jawab dan di jelaskan dalam artikel kali ini.

Mengapa dan kapan pesan ini akan muncul ? Apa artinya?

Pesan ini akan muncul apabila pengguna berkali kali memasukkan password yang salah. Pada menu login di webmin setiap kali pengguna salah memasukkan password maa pengguna akan diberi pesan bahwa perangkat akan di lock setelah beberapa kali kesempatan mencoba. Pada gambar di bawah ini adalah pesan yang muncul setelah 1 kali salah memasukkan password:

Coba perhatikan pesan kesalahan atau error message di atas: Incorrect user name or password. The device will be locked after 6 failed login attemps. Jika di-Indonesia-kan maka artinya akan menjadi: Username atau password salah. Perangkat akan terkunci setelah 6 kali gagal login. Apa artinya? Artinya sistem mencoba memberitahu pengguna bahwa telah terjadi kesalahan username atau password dan pengguna diberi kesempatan beberapa kali lagi sebelum sistem akhirnya terkunci. Sayangnya pemberitahuan ini cenderung diabaikan oleh pengguna hingga akhirnya sistem terkunci dan menampilkan pesan The device is locked. Please try again after xx min. Ini artinya, pengguna di paksa menunggu dan mengingat ingat kembali passwordnya sebelum mencoba kembali dan salah terus menerus. Dan pengguna tidak dapat melakukan login sebelum masa tunggu habis karena interface untuk login sudah tidak aktif. Login baru dapat dilakukan kembali setelah masa tunggu habis.

Bagaimana cara mengatasinya?

Beberapa saran jika pesan ini muncul adalah:
1. Pergunakan waktu tunggu yang diberikan untuk mengingat ingat kembali username dan atau password yang benar. Setelah waktu tunggu habis maka pengguna kembali dapat melakukan aktivitas login dengan memasukkan username dan password yang sudah diingat kembali.

2. Manfaatkan metode password recovery. Ada beberapa metode password recovery yang memungkinkan reset atau recovery password secara swadaya sehingga dapat dilakukan kapan saja tanpa harus antri menunggu bantuan dari team teknis. Satu diantaranya adalah dengan export guid yang pernah dibahas dalam tulisan sebelumnya. Atau alternatif lainnya dapat menggunakan pertanyaan keamanan (security question). Lakukan setting dari recorder, pilih pertanyaan dan jawaban yang paing mudah untuk diingat. Saat lupa password maka jawablah pertanyaan yang sudah dipilih dengan jawaban yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Jika tetap tidak berhasil, maka lakukan reset password dengan SADP Tool. Metode reset password pernah di bahas pada tulisan sebelumnya.

Bagaimana menghindari pesan kesalahan ini?

Untuk menghindari pesan kesalahan ini cara terbaik adalah dengan mengingat username dan password. Ingatlah username dan password perangkat cctv sedemikian rupa sama hal nya seperti mengingat pin ATM. Pandanglah bahwa informasi login ini sama pentingnya dengan pin ATM sehingga kalau lupa maka akan butuh kesabaran, waktu dan upaya lebih untuk melakukan reset. Team teknis tentunya dapat membantu melakukan reset namun pasti akan butuh waktu.

Demikian tulisan ini dibuat. Semoga penjelasan singkat ini dapat membantu.